Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1)

Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1) - Hallo sahabat Belajar Komputer, Pada sharing Belajar Komputer kali ini yang berjudul Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1), saya telah menyediakan artikel untuk belajar komputer yang cukup bermanfaat dan dibutuhkan. Mudah-mudahan isi postingan belajar komputer yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia artikel belajar komputernya.

Judul : Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1)
Subjudul : Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1)

lihat juga


Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1)

Download File Wordnya disini


Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN. Artikel Troubleshooting WLAN moga bisa membantu teman-teman semuanya untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang biasa terjadi pada wireless LAN yang minimal WLAN ini terdiri dari satu AP(Access Point) yang terhubung ke jaringan LAN Kabel dan satu wireless station (Laptop). Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini:


Meengidentifikasi Masalah
Pemahaman yang jelas tentang suatu permasalahan adalah langkah pertama untuk menemukan sebuah solusi. Prinsip ini berlaku umum untuk masalah apapun dalam kehidupan tidak terkecuali untuk masalah jaringan komputer ini.
Permasalahan Wireless LAN biasanya terletak pada beberapa lingkup permasalahan diantanyanya:
  • Wireless Station( misal: Wifi Laptop)
  • Access Point
  • Server atau Infrastruktur jaringan
Troubleshooting atau memecahkan permasalahan adalah keahlian belajar melalui pengalaman dengan cara trial and error. Satu metode untuk memecahkan masalah yakni mengembangkan suatu proses pemeriksaan terhadap gejala-gejala yang muncul, mengidentifikasi masalah, menemukan akar masalah, mencoba memperbaiki dan memeriksa hasil perbaikan tsb. Adalah penting juga untuk mencatat apa saja yang kita lakukan selama menjalankan metode troubleshooting diatas.

Troubleshooting koneksi Wireless Station ke AP
Ada pertanyaan yang harus diajukan ketika kita mengalami masalah untuk terkoneksi ke AP yakni “Apakah wireless station yang lain juga bermasalah koneksinya ke AP?” jika ya maka masalahnya terletak pada AP.

Troubleshooting Wireless Station
Periksa Lokasi Station:
  • Apakah jaringan Wireless Terdeteksi?
  • Adakah interferensi sinyal?
  • Apakah Wireless Station terhubung?
Periksa LANCard Wireless:
  • Apakah LANcard sudah terinstal dengan baik?
  • Update Drivernya?
  • Enable?
  • Apakah protokol TCP/IP sudah terinstal?
Periksa setingan WLAN:
  • SSID-nya case sensitif.
  • Konfigurasi station
  • Keamanan WLAN.
Periksalah status station di antarmuka AP

JARINGAN WIRELESS TERDETEKSI
Wireless station harus berada di are jangkauan AP agar bisa menerima gelombang radio yang cukup kuat untuk membangun sebuah konektifitas.
Misalnya jika kita menggunakan windows 7 untuk mengetahui seberapa besar kekuatan sinyal AP yang ada maka klik kiri seperti gambar disamping, danakan muncul informasi AP apa saja yang ada beserta kuat rendahnya sinyal yang ditangkap wifi komputer.
  • Jika kita tidak mendapati SSID yang kita kehendaki pada gambar disamping sementara Wifi di komputer sudah enable maka biasanya permasalahannya ada di AP. 
  • Jika kita mendapati adanya SSID yang diinginkan akantetapi pada status bar kekuatan sinyalnya lemah maka masalahnya adalah station kita sepertinya berada hampir diluar jangkauan, atau mungkin terdapat interferensi sinyal

INTERFERENSI SINYAL
Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan gangguan sinyal radio. Diantaranya disebabkan oleh antena pada AP tidak terhubung atau terpasang dengan benar. Material kontruksi bangunan, seperti baja dan kayu, dan benda-benda dengan kandungan air yang tinggi dapat menyerap energi RF dan mempengaruhi kekuatan sinyal. Perangkat seperti oven microwave dan cordless Phone 2,4MHz l dapat menyebabkan interferensi RF dan harus dipertimbangkan pula masalah menempatkan AP.
Sinyal yang kuat tidak selalu menjadi lebih baik! Di area yang tertutup, sinyal yang kuat dapat terpantul dari objek dan menyebabkan gangguan multipath.

SITE SURVEY
Sebuah survei situs sangat dianjurkan sebelum instalasi jaringan nirkabel dan harus dilakukan pada situs sebenarnya dalam kondisi operasi normal. Survei semacam itu sangat penting karena perilaku RF bervariasi dengan sifat fisik dari situs. Anda tidak bisa secara akuratmemprediksi perilaku tanpa melakukan survei situs. Anda mungkin menghadapi konektivitas intermiten lokasi tertentu atau selama kondisi lingkungan tertentu.

STATUS STATION
Gunakan antarmuka pengguna Web dari AP untuk melihat status stasiun nirkabel. Periksa status stasiun untuk melihat apakah stasiun nirkabel berhubungan dengan AP.

Artikel Troubleshooting WLANKonfigurasi Protokol TCP/IP
Bukalah halaman konfigurasi jaringan komputer anda; jika anda menggunakan windows 7 cara masuk ke konfigurasi jaringannya dengan mengklik icon jaringan seperti gambar disamping

Klik kanan properties pada “Wireless Network Connection” kemudian pastikan Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) terceklist kemudian pilih properties untuk memberikan IP Address.


Perlu diingat apakah station kita ini terkoneksi dengan Access Point yang menyediakan layanan DHCP atau tidak. Jika Access Point menyediakan layanan DHCP maka konfigurasi TCP/IP di satation kita tidak perlu diberikan IP secara manual. Cukup masuk ke properties lalu pilih Obtain an IP Address Automaticly. Dengan konfigurasi seperti ini memungkinkan station menerima IP Address secara otomatis dari Radio AP.



disamping sehingga muncul menu diatasnya kemudian klik di Open Network Connection kemudian cari change adapter setting, diklik sehingga akan muncul window yang menampilkan semua jenis interface jaringan, ada yang LAN dan ada juga yang Wireless LAN.
###
Artikel Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN ini bersambung ke bagian ke 2


Demikianlah Artikel Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1)

Sekian artikel belajar komputer Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sekian postingan belajar komputer lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Troubleshooting Jaringan Komputer WLAN (Bag. 1) dan artikel ini url permalinknya adalah http://antiasap.blogspot.com/2013/04/troubleshooting-wlan-bag-1.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.